RSS

Asal Usul Olahraga

16 Jun

Menurut Bill Muray, pakar sejarah sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, sepak bola dimainkan sejak awal Masehi. Pada waktu itu, orang-orang di era Mesir Kuno sudah mengenal permainan dan menendang bola yang dibuat dari buntalan kain linen. Yunani Kuno sejarah juga mencatat ada sebuah permainan yang disebut episcuro, menggunakan permainan bola. Bukti tercermin dalam relief di dinding museum yang menggambarkan seorang anak muda memegang bola bulat dan bermain dengan paha.

Football juga disebutkan berasal dari daratan Cina. Dalam sebuah dokumen militer disebutkan, sejak 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, orang-orang sudah memainkan permainan bola yang disebut tsu chu. Tsu berarti “memukul bola dengan kaki”. Sedangkan chu, berarti “bola dari kulit dan di sana itu”. Mereka bermain bola yang terbuat dari kulit binatang dengan cara menendang dan memasukkan ke dalam jaring yang membentang di dua kutub.

Jepang tidak mau ketinggalan. Sejak abad ke-8, kata orang-orang yang akrab dengan permainan ini. Mereka menyebutnya di sini. Bola terbuat dari kulit kijang berisi udara.

Yang menarik, ada legenda Abad Pertengahan. Konon pada waktu itu, seluruh desa mengikuti satu permainan bola. Bola terbuat dari tengkorak, ditendang satu diantara warga ke arah desa tetangga. Kemudian, oleh penerima di desa, mengikuti bola ditendang ke desa selanjutnya.

Sepak bola adalah olahraga yang dikenal sejak ribuah tahun yang lalu. Bukti ilmiah yang bisa diperoleh adalah jenis pertandingan sepak bola di Cina. Pada saat itu, dinasti Han melatih tentara menggunakan “tsuchu” untuk latihan fisik: latihan menendang bola kulit termasuk ke dalam jaring kecil yang melekat pada batang bambu panjang. Membidikan pemain bola ke jaring kecil menggunakan kaki, dada, punggung, dan bahu sambil berusaha menahan serangan lawan.
blank_page Di Jepang permainan ini juga dikenal sebagai semacam “tsu-chu” sekitar 500-600 tahun kemudian, meskipun tidak kompetitif seperti di Cina. Di Yunani juga mengenal olahraga pra sepak bola yang disebut “episkyros”, juga di Romawi orang mengenal permainan “harpastum” adalah permainan dengan bola kecil. Pemain dibagi menjadi dua kelompok saling berhadapan di sebuah lapangan persegi panjang yang dibatasi oleh sebuah garis dan ada garis tengah. Tujuannya adalah untuk menggiring bola melewati garis lawan, dengan langkah dan terkadang melakukannya dengan segala tipu daya.

Ada tuduhan bahwa orang-orang Romawi membawa permainan ke dalam bahasa Inggris. Namun masih diragukan apakah Harpastum pendahulu sepakb bola yang sekarang dikenal, karena populasi di Celtic Cronwall telah mengenal permainan yang serupa yang disebut “Hurling”. Jelas tidak ada aturan baku. Orang dapat bermain tanpa jumlah tertentu dan tidak hanya kaki tetapi tanganpun boleh main. Bisa menendang tulang kering dan mengambil bola.

Banyak teori tentang siap untuk melaksanakan awal pertandingan sepak bola ini. Tapi jelas, Britania yang mulai membaik sehingga pembangunan halus seperti ini. Inisiatif dalam memulai pada tahun 1963, ketika sebelas perkumpulan di London mengadakan pertemuan untuk membuat kekacauan menjernikan dengan serangkaian peraturan fundamental untuk mengatur pertandingan berikutnya. Dan pada 26 Oktober lahir pertama FA. Setelah pertemuan itu keluar dalam pertemuan kelompok Rugby karena menolak peraturan yang melarang penginjakan, penendangan tulang kering dan melarikan / membawa bola. Akhirnya, pada 8 Desember 1863, Rugby resmi mengurdurkan diri mereka sendiri dan mereka berjalan sendirian.

Kesempurnaan adalah lebih dekat untuk bermain banyak, terutama setelah enam tahun Football Association berjalan. Adanya klausul yang melarang setiap pemegangan banyak (tidak hanya menjalankan). Dan delapan tahun kemudian, anggota-anggotanya telah berjumlah 50 klub. The Football League dan Inggris pertama dimulai di negara ini. Pertumbuhan sepak bola melintasi alam semesta. Bahkan pada tahun 1879 sudah terbiasa dengan langkah-langkah sepakbola profesional di Darwin, kedua pemain John Love dan Fergus Suter dilaporkan sebagai orang pertama yang dibayar untuk bermain sepak bola dari bakatnya.

Setelah Football Association, segera menyulus di Belanda, Scottisch FA (1873), TA of Wales (1875), dan Irlandia FA di Belfast, Selandia Baru (1891), Argentina (1893), Chili (1895), Swiss dan Belgia (1895) Italia (1898), Jerman dan Uruguay (1900), Hungaria (1901), dan Finlandia pada tahun 1907.

Pada tahun 1907, berdirilah Federasi sepakbola dunia (FIFA) di Paris. Forerunner adalah Perancis, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss. Dari tujuh anggota menjadi 36 pada tahun 1925 dan setelah Perang Dunia II menyela, perjuangan untuk Piala Dunia II ini diikuti oleh 73 anggota. Dan saat ini sebanyak 146.300.000 FIFA memiliki anggota klub. Di antara banyak klub, 200.000 di antaranya berada di Eropa dengan sekitar 680.000 tim dan 22 juta pemain aktif.

Olimpiade adalah sebuah acara olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun dan diikuti oleh semua negara di dunia yang terdaftar di Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Awalnya satunya tempat di Yunani kuno, Olimpiade kemudian dihidupkan kembali oleh seorang bangsawan Perancis, Pierre Fredy, Baron de Coubertin pada akhir abad ke-19. Olimpiade lebih dikenal di Indonesia, Olimpiade musim panas, telah diadakan setiap empat tahun sejak 1896, kecuali tahun-tahun selama Perang Dunia II.

Edisi khusus untuk olahraga musim dingin, Olimpiade musim dingin, dimulai pada tahun 1924. Hal ini awalnya diadakan pada tahun yang sama dengan Olimpiade musim panas, tetapi sejak tahun 1994 Olimpiade musim dingin diadakan setiap empat tahun, dengan interval dua tahun setelah Olimpiade musim panas.

Pada tahun 2004, Olimpiade kembali ke “rumah” lamanya di Yunani untuk Olimpiade XXVIII.

Partisipasi Indonesia
Pertama kali berpartisipasi di Olimpiade tahun 1952 di Helsinki, Finlandia, dan kemudian tidak pernah absen pada tahun 1956, 1960 1964, 1968, 1972, 1976, 1980, 1984, 1988, 1992, 1996, 2000, 2004, 2008.
Medali pertama bagi kontingen Indonesia adalah pada Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul, Korea Selatan. Trio pemanah Indonesia memenangkan medali perak di cabang tim panahan putri yang anggotanya adalah Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani dan Lilies Handayani
Pada Olimpiade 1992 di Barcelona, Spanyol, medali emas pertama bagi kontingen Indonesia sejarah Olimpiade yang disajikan oleh Susi Susanti (bulutangkis tunggal putri) disusul oleh Alan Budikusuma (bulutangkis tunggal putra). Perak: Ardi B. Wiranata (bulutangkis tunggal putra), Eddy Hartono / Rudy Gunawan (bulutangkis, ganda putra); Perunggu: Hermawan Susanto (bulutangkis tunggal putra). Dalam Olimpiade ini, Indonesia meraih 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu, semua yang disajikan oleh kontingen bulutangkis.
Pada Olimpiade Atlanta 1996 di Atlanta, Amerika Serikat, Indonesia meraih 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Semua medali untuk Kontingen Indonesia yang diajukan oleh tim bulutangkis: Emas: Rexy Mainaky / Ricky Subagja (nomor ganda Putra); Perak: Mia Audina Tjiptawan (tunggal putri); Perunggu: Susi Susanti (tunggal putri), Denny Kantono / Antonius B. Budi Ariantho ( kembar anak laki-laki).
Pada Olimpiade Sydney 2000 di Sydney, Australia, Indonesia meraih 1 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Emas: Tony Gunawan / Chandra Wijaya (Bulutangkis, ganda putra); Perak: Hendrawan (Bulutangkis, tunggal putra), Tri Kusharjanto / Minarti Timur (Bulutangkis, ganda campuran), Raema Lisa Rumbewas (Angkat Berat putri 48 kg.); Perunggu: Sri Indriyani (Angkat berat, putri 48 kg.), Winarni Weightlifting, (Angkat berat, putri 53 kg.)
Pada Olimpiade Athena 2004 di Athena, Yunani, Indonesia meraih 1 emas dan 2 perunggu. Emas: Taufik Hidayat (bulutangkis, tunggal putra), Perunggu: Soni Dwi Kuncoro (bulutangkis, tunggal putra) dan Flandy Limpele / Eng Hian (bulutangkis, ganda putra).
Pada Olimpiade Beijing 2008 di Beijing, Cina, Indonesia mendapatkan emas pertama melalui ganda putra bulutangkis sepasang Markis Kido / Hendra Setiawan. Perak: Nova Widianto / Lilyana Natsir (Bulutangkis, ganda campuran), Perunggu: Maria Kristin Yulianti (Bulutangkis, Tunggal Putri), Eko Yuli Irawan (Angkat Besi, Total angkatan 288 kg), Triyatno (Angkat Besi, Total angkatan 298 kg)

Kejuaraan dunia balap motor untuk pertama kalinya di diselenggarakan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), pada tahun 1949. Pada saat itu secara tradisional telah diselenggarakan beberapa ras di setiap acara untuk berbagai kelas motor, berdasarkan kapasitas mesin, dan kelas untuk sidecars (motor bersespan). Kelas sana saat itu 50cc, 125cc, 250cc, 350cc, dan 500cc untuk motor single seater, dan 500cc untuk motor 350cc dan sidecars. Memasuki tahun 1950-an dan sepanjang 1960-an, mesin sepeda motor tidak mendominasi seluruh kelas 4 SD. Pada akhir 1960-an, motor bermesin 2 telah mulai menguasai kelas-kelas kecil. Pada tahun 1970-an motor 2 tidak benar-benar menyingkirkan mesin-mesin tidak 4. Pada tahun 1979, Honda mencoba kembali mesin itu di kelas 4 dengan puncak yang lebih rendah motor NR500, namun proyek ini gagal, dan pada tahun 1983 kemenangan Honda 500cc bahkan dengan motor 2 tak miliknya. Pada tahun 1983, kelas 350cc akhirnya dihapuskan. Kelas 50cc digantikan oleh kelas 80cc di tahun 1984, tetapi kelas yang sering didominasi oleh pembalap dari Spanyol dan Italia ini akhirnya dihapuskan pada 1990. Kelas sidecars juga dikeluarkan dari kejuaraan dunia di tahun 1990-an, meninggalkan kelas 125cc, 250cc, dan kelas 500cc.

GP 500, yang menjadi kelas puncak balap motor Grand Prix, telah berubah secara dramatis pada tahun 2002. Sejak pertengahan 1970-an sampai 2001 kelas puncak dari balap GP ini dibatasi dan 4-silinder kapasitas mesin 500cc, baik jenis mesin atau 4 no 2 no. Akibatnya, kelangsungan hidup ini tidak 2 mesin, bahwa sebenarnya menghasilkan tenaga dan akselerasi yang lebih besar. Pada tahun 2002 dan 2006 untuk pertama kalinya, produsen diperbolehkan untuk meningkatkan kapasitas total mesin khusus untuk mesin maksimum 4 adalah 990cc, dan berubah menjadi 800cc musim 2007.pabrikan juga diberi kebebasan untuk memilih jumlah silinder digunakan antara tiga untuk enam dengan batas berat tertentu. Dengan motor tidak bolehkannya sampai 4 cc besar, kelas GP 500 diubah namanya menjadi MotoGP. Setelah tahun 2003 tidak lagi memiliki mesin 2 jatuh di kelas MotoGP. Untuk kelas 125cc dan 250cc secara khusus masih menggunakan mesin no 2.

Perlombaan untuk kelas MotoGP diselenggarakan sebanyak 17 seri di 15 negara yang berbeda (Spanyol menggelar 3 seri balapan). Digunakan dalam perlombaan judul setiap akhir pekan dengan beberapa tahap. Latihan bebas pada Jumat pertama pelatihan formal dan kemudian hari Sabtu dilaksanakan latihan resmi kedua dan QTT, dimana para pembalap berusaha membuat catatan waktu terbaik untuk menentukan posisi awal mereka. Ras sendiri diadakan pada hari Minggu, meskipun ada seri yang diadakan pada hari Sabtu di Belanda dan Qatar. Grid (baris posisi start) terdiri dari 3 pembalap per baris dan biasanya setiap seri balap diikuti oleh sekitar 20 pembalap. Balapan dilaksanakan selama sekitar 45 menit dan pembalap berlomba sepanjang jumlah putaran yang ditentukan, tanpa masuk pit untuk mengganti ban atau mengisi bahan bakar. Balapan akan diulang jika terjadi kecelakaan fatal di awal balapan. Susunan grid tidak berubah sesuai hasil kualifikasi. Driver boleh masuk ke lubang, jika hanya untuk mengganti motor karena hujan selama perlombaan.

[sunting]
Organisasi dalam MotoGP

Balap MotoGP keberhasilan tidak dapat dipisahkan dari organisasi yang terlibat, beberapa organisasi yang tergabung dalam komisi Grand Prix lain FIM, Dorna, IRTA, dan MSMA.

FIM (Federation Internationale de Motocyclisme), merupakan badan tertinggi di dunia yang peduli dengan sepeda motor. FIM yang didirikan pada tahun 1904 tidak hanya mengurusi balap motor, tetapi juga seorang pengawas motor produksi yang dijual masal, terutama mengenai keselamatan dan kelayakan. Dalam kegiatan balap motor, FIM adalah badan yang bertugas dan bertanggung jawab atas pelaksanaan teknis peraturan dan ras, juga mengenai status, tingkat, dan kriteria dari sebuah kejuaraan balap motor.

Dorna adalah organisasi penyelenggara balapan MotoGP, atau dengan kata lain Dorna adalah promotor kejuaraan MotoGP. Dorna bertanggung jawab atas kualitas perawatan dan juga mensponsori acara acara.

IRTA (International Road Racing Team Association), anggota organisasi ini terdiri dari tim-tim yang mengikuti balapan MotoGP. Organisasi ini berfungsi untuk menyalurkan aspirasi tim dan para pembalap yang tergabung di dalamnya. Dengan organisasi-organisasi ini dapat memberikan masukan driver dan menentukan hak-hak dan kepentingan, termasuk nilai kontrak, keamanan dan kelayakan sirkuit.

MSMA (Motor Sport Manufacturer Association), sebuah organisasi dalam MotoGP yang terdiri dari produsen motor yang mengikuti kejuaraan MotoGP, seperti Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Kawasaki, dan pabrikan lain. Fungsi organisasi ini, antara lain memutuskan peraturan teknis mengenai regulasi motor dengan organisasi lain yang tergabung dalam komisi Grand Prix.

[sunting]
Karir Drivers

Balap MotoGP dalam sesi foto di sirkuit Jerez di Spanyol.

Penjenjangan karier di sana untuk pembalap yang jatuh di dunia balap motor, ketika seorang pembalap yang dia capai cukup untuk direkrut oleh tim, ada kelas berikutnya dengan kelas 125cc, kelas 250cc, kemudian kelas puncak MotoGP. Pengemudi yang jatuh di kelas 125cc sendiri berasal dari pembalap yang berprestasi di kejuaraan regional atau nasional di negara masing-masing, seperti All Japan Road balap di Jepang, ataupun kejuaraan Eropa.

Pembalap yang jatuh di kelas puncak MotoGp dari beberapa kejuaraan. Terlepas dari kelas 250cc seperti Valentino Rossi, Max Biaggi, Marco Melandri, Dani Pedrosa, ada pengemudi yang berasal dari AMA Superbike seperti Nicky Hayden, dari British Superbike seperti Shane Byrne, juga dari World Superbike Noriyuki Haga, Colin Edwards, Troy Bayliss, Neil Hodgson, Ruben Xaus dan Chris Vermeulen. Jumlah pembalap yang berasal dari Superbike tidak terlepas dari perubahan di kelas puncak GP motor yang membolehkan penggunaan motor 990cc mesin 4 adalah pada tahun 2002, setelah sebelumnya hanya memiliki mesin 500cc digunakan Mei 2.

[sunting]
Spesifikasi

Barisan motor yang digunakan dalam kelas MotoGP.

Setiap aturan pada masing-masing kelas balapan dibentuk oleh FIM sebagai organisasi yang berwenang melakukan itu. FIM membentuk dan mengeluarkan peraturan baru yang dianggap sesuai dengan perkembangan balapan. Pada awal era baru dalam MotoGP pada tahun 2002, 500cc mesin sepeda motor dan 2 adalah 4 tidak diizinkan menggunakan 990cc di balap. Besarnya daya motor mesin tidak melebihi 4-bermesin motor 2 tidak menghapus semua mesin 2 no persaingan, dan musim-musim berikutnya tidak lagi digunakan motor 2.

Pada tahun 2007, FIM akan memberlakukan peraturan baru bahwa motor MotoGP akan dibatasi menjadi 4 tak 800cc. Alasan yang diberikan oleh pengurangan kapasitas silinder mesin ini adalah untuk meningkatkan keamanan pembalap, mengingat tenaga dan kecepatan puncak yang dihasilkan mesin-mesin MotoGP telah meningkat secara dramatis sejak tahun 2002. Rekor kecepatan MotoGP saat ini 347,4 km / jam, dicetak oleh Loris Capirossi pada motor Ducati sirkuit Catalunya, Barcelona pada tahun 2004. Sebagai perbandingan rekor kecepatan F1 saat ini 369,9 km / jam, dicetak oleh Antonio Pizonia dengan mobil BMW, di sirkuit Monza tahun 2004.

Keputusan pilihan untuk membatasi kapasitas mesin 800cc (daripada dengan metode pembatasan kekuasaan, seperti pengurangan jumlah gir transmisi yang diijinkan) menurut para pengamat MotoGP sangat menguntungkan Honda. Honda menggunakan mesin lima silinder, dan hanya perlu mengurangi satu silinder untuk memperbaiki mesin mereka agar sesuai dengan peraturan yang baru, sementara produsen lainnya harus mendesain ulang seluruh mesin mereka. Pembatasan menjadi 800cc juga menimbulkan kontroversi bahwa sepertinya saat ini motor yang digunakan dalam kejuaraan Superbike 1000cc tercepat di sirkuit balap motor di dunia.

Mesin yang digunakan dalam kelas 125cc dibatasi pada satu silinder dan dengan berat minimum 80 kilogram, sedangkan kelas 250cc dibatasi hingga dua silnder dengan berat minimal £ 100.

Motor untuk kelas MotoGP dibolehkan menggunakan mesin dengan jumlah silinder antara tiga dan enam silinder, dan terdapat variasi dalam pembatasan berat tergantung jumlah silinder yang digunakan. Hal ini disebabkan oleh mesin dengan lebih silinder, energi yang dihasilkan juga lebih besar, dan batasan berat meningkat. Pada tahun 2006 mesin-mesin yang digunakan di MotoGP adalah mesin empat dan lima silinder. Honda menggunakan lima silinder, sementara Yamaha, Ducati, Kawasaki, dan Suzuki menggunakan empat silinder.

Motor yang digunakan dalam grandprix motor dibuat tidak hanya untuk balapan saja, tetapi juga sebagai arena unjuk kekuatan dan kemajuan teknologi di antara produsen. Sebagai hasilnya seluruh mesin-mesin MotoGP dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang sangat mahal seperti titanium dan cahaya, dan serat karbon yang diperkuat plastik. Motor ini juga menggunakan teknologi yang tidak tersedia untuk konsumsi publik, misalnya, adalah perangkat elektronik yang canggih termasuk telemetri, sistem manajemen mesin, kontrol traksi, rem cakram karbon, dan teknologi mesin modern yang diadopsi dari teknologi mesin F1.

Jika motor yang digunakan dalam kelas MotoGP hanya berlari di tingkat kejuaraan dunia, motor yang digunakan dalam kelas 125cc dan 250cc relatif lebih terjangkau. Harga sebuah motor 125cc kurang lebih sama dengan sebuah mobil. Motor ini sering digunakan dalam kejuaraan balap motor nasional di seluruh dunia.

Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh para insinyur driver dan sepeda MotoGP MotoGP adalah bagaimana untuk menyalurkan kekuatan mesin yang luar biasa – lebih dari 240 dk (179 kW), melalui titik kontak dua ban dan permukaan aspal sirkuit dengan lebar hanya sekitar lengan manusia . Sebagai perbandingan mobil F1 menghasilkan lebih dari 950 dk (700 kW) tetapi dengan empat ban, sehingga memiliki titik kontak permukaan dengan aspal sepuluh kali lebih lebar dari motor MotoGP.

[sunting]
Spesifikasi mesin
Konfigurasi: 4-silinder V (Kelas MotoGP), 2-silinder (kelas 250 cc dan 125 cc).
Kapasitas: 800 cc (Kelas MotoGP), 250 cc (250 cc kelas), 125 cc (125 cc kelas).
Katup: 16-katup (MotoGP), 8-katup (250 cc, 125 cc).
Bekerja katup: DOHC, 4-katup per silinder (MotoGP), 2-katup per silinder (250 cc, 125 cc).
Bahan bakar: Tidak ada timbal (tidak ada bahan bakar kontrol), 100 oktan.
Suplai bahan bakar: Fuel injeksi.
Aspirasi: normal aspirasi.
Kekuatan: Kira – kira-kira 250 atau 225 dk.
Pelumasan: Wet.
Maksimum / minimum mesin siklus: 17.500 menjadi 18.000 rotasi per menit.
Cooling: Single pompa air.

[sunting]
Perubahan regulasi terbaru

Pada tahun 2005, sebuah peraturan baru untuk MotoGP diperkenalkan bendera-to-flag. Sebelumnya, jika sebuah balapan dimulai dengan start dalam kondisi sirkuit kering dan hujan turun, pembalap terdepan untuk mengangkat tangan untuk menghentikan lomba, demikian juga dengan offisial bendera merah untuk menghentikan balapan, kemudian balapan mulai lagi dengan ban basah. Sekarang jika hujan turun saat balapan tidak ada lagi bendera merah, para pembalap langsung menuju pit untuk mengganti ban sebagai kebijakan tim.

Pada tahun 2007, kelas MotoGP diturunkan kapasitas mesin, saat ini 800cc.dan tes yang dilakukan oleh seluruh tim di MotoGP.

Sepak bola adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Dalam pertandingan, olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok yang berlawanan, masing-masing berjuang untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Setiap kelompok terdiri dari sebelas pemain, dan karenanya kelompok juga disebut tim.
Tujuan permainan

Seorang penjaga gawang mencoba mencegah bola ke jaring.

Dua tim, masing-masing terdiri dari 11 orang berjuang untuk memasukkan bola bundar ke gawang lawan ( “tujuan”). Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah pemenang (biasanya dalam waktu 90 menit, tetapi ada cara lain untuk menentukan pemenang jika hasilnya seri). Aturan yang paling penting dalam mencapai tujuan ini adalah para pemain (kecuali penjaga gawang) tidak boleh menyentuh bola dengan tangan mereka selama permainan.

Taktik Permainan

Common taktik yang digunakan oleh klub sepak bola adalah sebagai berikut:
4-4-2
4-3-2-1
4-5-1
3-4-3
3-5-2
4-3-3

taktik yang digunakan oleh sebuah tim selalu berubah tergantung pada kondisi yang terjadi selama pertandingan. Pada intinya ada tiga taktik yang digunakan adalah; Bertahan Menyerang dan Normal.
Sebuah pertandingan diperintah oleh seorang wasit yang mempunyai “wewenang penuh untuk menjalankan permainan menurut aturan permainan dalam suatu pertandingan yang telah diutuskan kepadanya” (Peraturan 5), dan keputusan yang dikeluarkan dianggap sebagai akhir permainan. Wasit dibantu oleh dua asisten wasit (dulu dipanggil hakim / penjaga garis). Dalam banyak pertandingan wasit juga membantu pejabat keempat yang dapat menggantikan pejabat lain jika diperlukan.

[sunting]
Tim

Setiap tim maksimal memiliki sebelas pemain, salah satunya haruslah penjaga gawang. Kadang-kadang ada peraturan kejuaraan yang mengharuskan pemain dalam jumlah minimum sebuah tim (biasanya delapan).

Penjaga gawang diperbolehkan untuk mengambil bola dengan tangan atau lengan dalam kotak penalti di depan net.

Pemain lain dalam kedua tim dilarang untuk memegang bola dengan tangan atau lengan mereka ketika bola masih dalam permainan, namun boleh menggunakan bagian tubuh lainnya. Pengecualian terhadap peraturan ini berlaku ketika bola ditendang keluar melewati garis dan dibuat untuk melempar bola kembali ke dalam permainan.

Sejumlah pemain (jumlahnya berbeda tergantung liga dan negara) dapat digantikan oleh pemain cadangan selama pertandingan. Alasan umum termasuk penggantian pemain cedera, kelelahan, kekurangefektifan, perubahan taktik, atau untuk membuang sedikit waktu pada akhir sebuah pertandingan. Dalam pertandingan standar, pemain yang tidak diganti dapat kembali bermain dalam pertandingan tersebut.

[sunting]
Golf Game

Ukuran lapangan standar

Lapangan yang digunakan biasanya adalah lapangan berumput. Dengan panjang 91,4 meter dan lebar 54,8 meter. Pada kedua sisi pendek, ada tujuan dari 24 x 8 kaki, atau 7,32 x 2,44 meter.

[sunting]
Lama permainan

Lama permainan sepak bola normal adalah 2 × 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit (kadang-kadang 10 menit). Jika posisi seimbang yang sama, kemudian ditahan selama perpanjangan waktu 2 × 15 menit, untuk mendapatkan seorang pemenang, tapi sama kuat jika diadakan adu penalti.

[sunting]
Standar lama permainan

Permainan dewasa standar terdiri dari dua putaran, masing-masing 45 menit lama. Umumnya ada 15 menit waktu istirahat antara kedua putaran tersebut.

[sunting]
Waktu tambahan dan hukuman

Kebanyakan pertandingan biasanya berakhir setelah putaran kedua, dengan sebuah tim memenangkan pertandingan atau berakhir seri. Meskipun demikian, beberapa permainan, terutama pemenang bulat memerlukan tambahan waktu perpanjangan disebut ketika permainan berakhir imbang: dua babak masing-masing dengan 15 menit bermain bersama. Hingga belum lama ini, IFAB telah mencoba menggunakan beberapa bentuk dari ‘kematian mendadak’, tetapi mereka sekarang sudah tidak digunakan.

Jika hasilnya masih imbang setelah perpanjangan waktu, beberapa kejuaraan untuk menggunakan hukuman untuk menentukan pemenang. Ada juga kejuaraan lainnya yang mengharuskan untuk diulang.

Perlu dicatat bahwa gol yang dicetak pada babak perpanjangan waktu dihitung ke dalam hasil akhir, berbeda dari gol yang dihasilkan dari titik penalti yang hanya digunakan untuk menentukan pemenang pertandingan.

[sunting]
Wasit sebagai penghitung waktu resmi

Yang memimpin pertandingan 1orang wasit dan membantu 2 orang di hakim garis. kemudian dibantu official wasit yang membantu apabila terjadi pergantian pemain

[sunting]
Percobaan menggunakan emas dan gol perak

Lihat: Gol perak; Gol emas.

Pada akhir 1990-an, IFAB mencoba membuat pertandingan lebih mungkin berakhir tanpa memerlukan adu penalti, yang sering dianggap sebagai cara yang kurang tepat untuk mengakhiri pertandingan.

Contohnya adalah sistem gol perak yang mengakhiri permainan ketika gol pertama dicetak di lembur, dan gol emas yang mengakhiri permainan ketika gol dicetak pada perpanjangan waktu kedua.

Kedua sistem ini telah dihentikan oleh IFAB.

[sunting]
Kejuaraan internasional besar

Kejuaraan internasional terbesar sepak bola Piala Dunia yang diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Football Association. Piala Dunia diadakan setiap empat tahun. Lebih dari 190 tim nasional bertanding di turnamen kualifikasi regional untuk sebuah tempat di babak final. Akhir turnamen yang berlangsung selama empat minggu kini melibatkan 32 tim nasional (naik dari 24 pada tahun 1998).

Utama kejuaraan internasional di setiap benua adalah:
Eropa: Piala Eropa atau dikenal dengan nama Euro
Amerika Selatan: Copa América
Afrika: Piala Afrika
Asia: Piala Asia
Amerika Utara: Piala Emas CONCACAF
Oseania: Piala Oseania

Multi-tingkat klub terbesar di Eropa adalah Liga Champions, sementara di Amerika Selatan adalah Copa Libertadores. Di Asia, Liga Champions Asia adalah turnamen tingkat klub terbesar.

Bermain sepak bola di Olimpiade sejak tahun 1900. (kecuali pada Olimpiade tahun 1932 di Los Angeles). Awalnya hanya untuk pemain amatir saja, namun sejak Olimpiade Los Angeles 1984 pemain profesional juga mulai bermain, dengan peraturan yang mencegah negara-negara daripada memainkan tim terkuat mereka. Pada saat ini, turnamen Olimpiade untuk pria merupakan turnamen U-23 yang boleh ditamnbahi beberapa pemain di atas usia. Akibatnya, turnamen ini tidak mempunyai kepentingan internasional dan prestise yang sama dengan Piala Dunia, atau bahkan dengan Euro, Copa America atau Piala Afrika.

Sebaliknya, turnamen Olimpiade untuk wanita dengan prestise yang hampir sama seperti Piala Dunia Wanita FIFA; turnamen dimainkan oleh tim-tim internasional yang lengkap tanpa batasan umur.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 16, 2013 in Pelajaran, Penjaskes

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: